KOMPETENSI SUPERVISI, KEPRIBADIAN, DAN SOSIAL KEPALA MADRASAH DI PROVINSI PAPUA BARAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kompetensi kepala madrasah di Provinsi Papua Barat, dengan
melihat aspek supervisi, kepribadian, dan sosial pada Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah
baik negeri maupun swasta di Kota/Kabupaten Sorong. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
dalam analisis data selain angket/quesioner dengan pendekatan survei, berupaya untuk mengetahui
kompetensi kepala madrasah terhadap kepemimpinannya.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dalam analisis data selain angket/quesioner akan dianalisis
secara deskriptif kualitatif untuk mengetahui kecendrungan guru terhadap kompetensi kepala madrasah
terpilih. Hasil analisis disajikan lewat data, tabel dan grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
tingkat kompetensi kepala madrasah MI, MPs, MA negeri/swasta. Secara keseluruhan kompetensi kepala
madrasah terkategori Sedang dengan nilai rerata 62,33. Menurut penilaian guru terhadap kompetensi
kepala madrasah MI, MPs, MA negeri/swasta. Hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah terkategori Tinggi dengan skor rerata 3, L
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31969/alq.v18i1.249
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Office
| Address: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar (Jl. Andi Pangeran Pettarani No. 72, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia) | ||||
Email: alqalamjurnal@gmail.com | |||||
Website: http://jurnalalqalam.or.id/index | |||||
Contact Person: Sari Damayanti (+62 81342653417) | |||||
Indexed by :