KH. ABD. RAHMAN PAKKANNA: Ulama Pemikir Praktis dan Pekerja Profesional

Muhammad Asad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap berbagai hal berkaitan dengan kehidupan KH. Abd. Rahman Pakkanna, seorang ulama yang besar jasanya dalam pembinaan masyarakat di Kabupaten Soppeng, terutama masyarakat Ganra. Penelitian ini merupakan penelitian deskreptif kualitatif degan pendekatan sejarah. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara, studi dokumen dan pustaka serta observasi. Hasil penelitian ini mengungkap kehidupan dan aktivitas KH. Abd. Rahman Pakkanna sebagai sorang ulama pemikir praktis dan pekerja profesional. Ia seorang anak petani desa dari Soppeng yang berhasil membina pendidikan anak-anaknya sehingga menjadi sarjana, bahkan dua orang S3. Jenjang pendidikan yang diikutinya ialah pesatren dan madrasah pada berbagai tempat yang mengantarnya menjadi ulama. Kegiatannya sebagai guru agama dimulainya sejak menjadi santri pada MAI Sengkang dan berlangsung sampai tua. Statusnya sebagai PNS hanya sebagai penunjang aktivitasnya di bidang pendidikan. Selain sebagai guru ia juga sebagai tukang jahit yang terampil dan sebagai petani profesional. Jasanya sangat besar dalam pembinaan dan pendidikan masyarakat Ganra melalui Perguruan Islam Ganra dan masjid Ganra, sebagai tulang punggung pembangunan pisiknya dan sebagai pengajar pada keduanya. Berbagai sifat terpuji menjadi bahagian hidupnya, antara lain: sangat hormat kepada gurunya, toleran dalam masalah khilafiyah, pekerja keras dan profesional, percaya diri dan berusaha tidak bergantung pada orang lain. Ia termasuk ulama Fiqhi yang dalam pengetahuan agamanya, menjadi rujukan masyarakatnya, bukan hanya dalam masalah keagamaan, sebagai tempat bertanya dan panutan, tetapi juga dalam masalah sosial dan ekonomi masyarakat. Keikhlasannya diakui oleh masyarakat sehingga sangat percaya padanya. Modal sosial berupa keikhlasan, amanah, dan keterampilan yang dimilikinya sangat membantu pembangunan pisik, baik pada Perguruan Islam Ganra maupun pada Masjid Taqwa Ganra yang dipercayakan padanya dalam waktu yang lama. 

Keywords


ulama, biografi, KH. Abd Rahman Pakkanna, dan Ganra

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Taufik (ed). 1983. Agama dan Perubahan Sosial. Cet. I. Jakarta: CV. Rajawali bekerja sama dengan yayasan Ilmu Ilmu Sosial (YIIS).

Ahmad, Abd. Kair. 2008. Ulama Bugis. Cetakan I. Makassar: Indobis. Diterbitkan untuk Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar.

As’ad, Muhammad. 1989. Madrasah dan Pembangunan Masyarakat: Studi tentang Perkembangan dan Partisipasi Perguruan Islam Ganra. Dalam Laporan Hasil Penelitian Studi Sosial dan Keagamaan di Sulawesi Selatan Seri I Pesamtren dan Madrasah. Ujung Pandang: Balai Penelitian Lektur Keagamaan Ujung Pandang.

As’ad, Muhammad dkk. 2011. Buah Pena Sang Ulama. Jakarta: Indobis,

Azra, Azumardi. 2002. Biografi sosial-Intelektual ulama perempuan pemberdayaan historiografi. Dalam Jajat Sumarja (ed).. Ulama Perempuan Indonesia. Jakarta; Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Hamka, Zainuddin. 2009. Corak Pemikiran Keagamaan Gurutta H. Muh. As’ad Al-Bugisi. Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Departemen Agama RI.

Horikoshi. Hiroko. 1987. Kyai dan perubahan Sosial. Cetakan Pertama. Jakarta: P3M.

Kantor Statistik Kabupaten Soppeng. Kabupaten Soppeng dalam Angka, Tahun 2014. Watan Soppeng. 2015.

Mappangara, Suriadi dan Irwan Abbas. 2003. Sejarah Islam di Sulawesi Selatan. Cetakan Pertama. Makassar: Lamaqcca Press.

Mattulada. Islam di Sulawesi Selatan. dalam Taufiq Abdullah (ed.). Agama dan Perubahan Sosial. Cetakan Pertama. Jakarta: CV Rajawali Bekerjasama dengan Yayasanj Ilmu-Ilmu Sosial (YIIS). 1983. h. 209 – 321.

Ruslan, Muhammad dan Waspada Santing. 2007. Ulama Sulawesi Slatan: Biografi Pendidikan dan Dakwah. Makassar: Komisi Informasi dan Komunikasi MUI Sulsel.

Syamsuddin, Helius. 2007. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Sa’diyah, Yies. 2012. Prof.K.H. Anwar Musaddad, Biografi, Pengabdian, dan Pemikiran Ulama Intelektual. Cetakan pertama. Jakarta: Puslitbang Lektur dan Kahzanah Keagamaan badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Turmudi, Endang. 2004. Perselingkuhan Kiai dan kekuasaan. Cetakan I. Yogyakarta: LkiS.




DOI: http://dx.doi.org/10.31969/alq.v22i2.331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar

Office

  

 

 Address: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar (Jl. Andi Pangeran Pettarani No. 72, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia)  
   Email: alqalamjurnal@gmail.com 
   Website: http://jurnalalqalam.or.id/index 
   Contact Person: Sari Damayanti (+62 81342653417) 
 

Indexed by :

        

  

 

Flag Counter