PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG GURU DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MIA MAN WAJO

Ahmadi ahmadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran persepsi siswa tentang guru matematika, minat belajar matematika, dan hasil belajar matematika siswa kelas X MIA MAN Wajo, (2) pengaruh persepsi siswa tentang guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MIA MAN Wajo, (3) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MIA MAN Wajo, dan (4) pengaruh persepsi siswa tentang guru dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MIA MAN Wajo.

Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X MIA MAN Wajo yang berjumlah 84 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan yaitu populasi itu sendiri. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah skala persepsi siswa tentang guru dan skala minat belajar serta dokumentasi untuk hasil belajar matematika. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu dengan regresi linear berganda.

Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk
persepsi siswa tentang guru matematika diperoleh nilai rata-rata 73,19 berada pada kategori sedang dengan presentase 61%, untuk minat belajar matematika diperoleh nilai rata-rata 62,35 berada pada kategori sedang dengan presentase 67%, dan untuk hasil belajar matematika diperoleh nilai rata-rata 58,45 berada pada kategori sedang dengan presentase 64%. Adapun hasil analisis statistik inferensial pada regresi linear sederhana diperoleh nilai sig. < 0,050 (0,004 < 0,050) berarti terdapat pengaruh persepsi siswa tentang guru terhadap hasil belajar matematika siswa dengan sumbangan presentase 9,5%, sig < 0,050 (0,0001 < 0,050) berarti terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan sumbangan presentase 24,2%. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh Fhitung > Ftabel (16,268 > 3,960) yang menyimpulkan bahwa persepsi siswa tentang guru dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa dengan sumbangan 28,7%

Keywords


Persepsi Siswa tentang Guru, Minat Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Cet II; Jakarta: PT Rineka Cipta.

Abrantes, Jose Luis dkk. “Pedagogical affect, Student Interest, and Learning Performance”, Journal 60, no.4 (2007), p. 960-964.

Agestina, Marhani. Kajian Tentang Persepsi Siswa terhadap Guru Matematika dan Pengaruhnya pada Minat Belajar Matematika Siswa SMA. Skripsi (Yogyakarta:Fak.Matematika dana Ilmu Pengetahuan Alam UNJ, 2010), h.9

Alwi, Marjani. 2012. Mengapa Anak Malas Belajar. Makassar:Alauddin University Presss.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta.

Ekawati, Aminah. “Pengaruh Motivasi dan Minat terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMPN 13 Banjarmasin”, Jurnal 9, no.2 (2014), h.1-10.

Etuk,dkk. “Students’ Perception of Teachers’ Characteristics and Their Attitude towards Mathematics in Oron Education Zone”Journal 06, no.2 (2013)

Gunawan, Muhammad Ali. 2013. Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.

Hamalik, Oemar. 2010. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Hasan, M.Iqbal. 2012. Pokok-Pokok Materi Statistik 2(Satistik Inferensif). Cet VII; Jakarta:PT Bumi Aksara.

Indah Lestari. “Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika”. Jurnal 3, no.2 (2014), h.115-125.

Intan Indiati dkk , “Pengaruh Persepsi Siswa Kepada Guru Matematika dan Minat Belajar Matematika Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Himpunan pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri I Purwodadi Kab. Grobogan Tahun Pelajaran 2010/2011”, Jurnal 02 (2011), h. 1.

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Cet. 1; Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kpolovie dkk, “Academic Achievement Prediction: Role of Interest in Learning and Attitude towards School”, Journal 01, no.2 (2014)

Lacopra, Arga, dkk, “Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Persepsi Siswa tentang Kualitas Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS MAN Yogyakarta II Tahun Ajaran 2011/2012”, Jurnal 10 no.2 (2012), h.22-42.

Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan, 2015. “Penelitian Pendidikan Matematika”. Cet I; Bandung: Refika Aditama.

Mania, Sitti. 2012. Pengantar Evaluasi Pengajaran. Makassar: Alauddin University Press.

Walgito, Bimo. 2002. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Sahidin, Latif dan Jamil, Dini. “Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Persepsi Siswa Tentang Cara Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika”, Jurnal 04, no.2 (2013), h. 211-222.

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Yu-Je Lee dkk. “The influences of Interest in Learning and Learning Hours on Learning Outcomes of Vocational College Students in Taiwan: Using a Teacher’s Instructional Aattitude as The Moderator”, Journal 03, no.3 (2011).

https://www.kemendikbud.go.id. (12 September 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.31969/alq.v23i2.405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar

Office

  

address icon red

 Jalan Andi Pangeran Pettarani, District Makassar, No 72, Pos Code: 90222, Gedung Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar, City Sulawesi Selatan, Indonesia  
  jurnalalqalam@kemenag.go.id 
  http://jurnalalqalam.or.id/index.php/Alqalam 
  Phone: +62 81356100100
Fax: +62 411452982
 
 

Indexed by :

        

  

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats