PENDIDIKAN AGAMA PADA SEKOLAH LUAR BIASA (Studi pada SDLB-C Kertha Wiweka Kota Denpsar)

Wahab Alba

Abstract


Abstrak

Realitas empirik hingga kini terkait dengan pelaksanaan pendidikan di Sekolah Luar Biassa (SLB) khususnya pada Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) masih lebih cenderung pada pembelajaran pembekalan kognisi dan motorik peserta didik. Sedangkan pembelajaran yang sifatnya untuk pembekalan kerohanian (keagamaan) kurang mendapatkan perhatian yang seimbang dengan materi pembelajaran lainnya (Ciptono, 13 Mei 2008 : Materi Pembekalan Menjelang Penelitian SDLB). Berdasarkan realitas empirik tersbut maka penelitian ini bertujuaan menggali secara mendalam bagaimana implementasi pendidikan agama pada Sekolah Dasar Luar Biasa-C, profil guru pendidikan agama pada Sekolah Dasar Luar Biasa-C, dan faktor yang mendukung maupun menghambat untuk impelemntasi pendidikan agama pada Sekolah Dasar Luar Biasa-C.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelakasanaan pendidikan agama Islam berjalan kurang sitematis dan terstruktur sebagaimana panduan kurikulum, terutama terkait dengan struktur standar kompetensi maupun kompetensi dasar untuk peserta didik tunagraita (SDLB). Sedangkan pelakssanaan pendidikan agama Hindu ternyata sedikit lebih sistematis dan terstruktur. Oleh karena pendidik pendidikan agama Hindu pada SDLB-C Kertha Wiweka Kota Denpasar lebih banyak mempunyai waktu untuk menyusun program pembelajaran, silabus maupun RPP. Mengingat kondisi keterbatasan kemampuan intelegensi peserta didik tunagrahita itulah maka pendidik lebih cenderung pada upaya pembentukan sikap, perilaku, dan berbudi pekerti luhur.  Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan agama pada SDLB-C Kertha Wiweka Kota Denpasar adalah adanya perhatian dan dorongan pihak yayasan dan Kepala Sekolah. Di samping itu loyalitas, dedikasi, dan kesabaran para pendidik khususnya pendidikan agama, toleransiyang tinggi antara sesama pendidik maupun peserta didik yang berbeda-beda agama. Sedangkan faktor penghambatnya adalah belum tersedianya sarana kegiatan rituan maupun seremonial untuk semua agama, kurangnya pendidik pendidikan agama yang betul-betul berlatar belakang pendidikan agama, keterbatasanya dana, dan kodisi riil kemampuan intelegensia peserta didik.

Keywords


Pendidikan, agama, Sekolah Luar Biasa.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PSTAKA

Abdurrahman, Mulyono. 2008. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta, Pn. Rineka Ilmu.

Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembekajaran Nilai Karakter. Jakarta: Grafindo Persada.

Ciptono,2008. Materi Pembekalan Penyusunan Desain Penelitian SLB Peneliti Bidang Pendidikan Litbang Agama Semarang.

Direktorat PLB, 2009. dalam : http/www.ditplb.or.id/2009/app/cacatdetail-@pha?option; conten 18 & task= tunanetra &jenis=1

Moeleong, Lexy J. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Sinar Baru.

Rahardja, Djadja, 2008. Pendidikan Luar Biasa Dulu dan Sekarang, dalam Djadja-blogspot-comp.

Solehhudin & Hatimah, Ihat. 2007. PendidikanAnak Usia Dini. Tim Pengembang Ilmu Pendidikan-UPI. Ilmu & Aplikasi Pendidikan, Bagian 4, Pendidikan Lintas Bidang. Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama.

Shalahudin, Mahfudz. 2001: Metodologi Pendidikan Agama, Surabaya: Bina Ilmu.

Tim Penyusun Kamus Pustaka Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka.

Tilaar. 2000. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Bineka Cipta.

Wahab, 2009. Pelaksanaan Pendidikan Agama Pada SLB (Studi pada SDLB-C Kertha Wiweka Kota Denpasar), Semarang, Balai Litbang Agama.

----------,2006. Buku Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, SDLB Tunagrahita Ringan (SDLB-C), Depdiknas, Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta, Direktorat Pendidikan Luar Biasa.

----------, 2007. Profil Sekolah Luar Biasa Tunagrahita Ringan (SDLB-C), Denpasar, Kertha Wiweka.

----------, Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

---------, Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.31969/alq.v23i2.412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar

Office

  

address icon red

 Jalan Andi Pangeran Pettarani, District Makassar, No 72, Pos Code: 90222, Gedung Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar, City Sulawesi Selatan, Indonesia  
  jurnalalqalam@kemenag.go.id 
  http://jurnalalqalam.or.id/index.php/Alqalam 
  Phone: +62 81356100100
Fax: +62 411452982
 
 

Indexed by :

        

  

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats