INDEKS PELAYANAN PENDIDIKAN AGAMA PADA SMAN DAN SMKN DI KOTA PALU, SULAWESI TENGAH

muhammad rais

Abstract


Artikel bertujuan untuk mengukur indeks pelayanan pendidikan agama (Islam, Kristen, Katholik, Hindu dan Buddha) pada satuan pendidikan menengah, tepatnya pada SMAN dan SMKN sebagai sampel sasaran. Berkenaan dengan Pembelajaran Pendidikan Agama, Kementerian Agama sejatinya sebagai provider layanan, baik layanan berupa rekruitmen guru, penyediaan sarana dan prasarana, buku teks pegangan guru maupun siswa, dan sumber belajar lainnya, perangkat pembelajaran  dan juga kurikulum PAI. Penelitian ini memanfaatkan metode kuantitatif dengan fokus pada pengukuran berupa indeks, untuk mengukur mutu layanan pada sembilan unit layanan yang semestinya dipenuhi kementerian Agama.  Hasil penelitian menunjukkan, bahwa tingkat/indeks layanan pendidikan agama di Kota Palu berada pada kategori puas, dengan nilai rata-rata unit layanan atau IKM sebesar 2,72, jika dikonversi dalam gradasi nilai, maka berada di nilai 68,63. IKM dengan mutu layanan B (puas). Meskipun demikian, nilai indeks ini masih menyisakan masalah beberapa masalah pada satuan pendidikan yang menjadi sampel penelitian, yang perlu dicarikan solusi konstruktif, terutama pada aspek: rekruitmen guru, pengadaan buku teks dan sumber belajar lainnya, penguatan kapasitas guru melalui pendidikan dan latihan, bimbingan teknis, dan pemenuhan sarana dan prasarana yang terkait langsung dengan pembelajaran agama di sekolah.

Keywords


indeks; pelayanan, Pendidikan agama Islam, sekolah menengah, Palu

Full Text:

PDF

References


Al-Abrashy, Muhammad Athiyah, 1987. Al-Tarbiyyah Al-Islamiyyah, diterj. Bustami A. Gani: Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang.

Al-Ashfahani, Al-Raghib, 2005. Al-Mufradat fi Gharibil Quran, Beirut-Libanon: Daarul Maarif.

Al-Attas, Muhammad Al-Naquib Al-Attas, 1992. The Concept of Education in Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Education, diterj. Haidar Baqir: Konsep Pendidikan Dalam Islam: Suatu Rangka Pikir Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Mizan.

Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2015, Rencana Strategis 2015-2019

Bush, Tony dan Marianne Coleman, 2012, Manajemen Mutu Kepemimpinan Pendidikan (Terj) Yogyakarta: IRCiSoD

Daulay, Haidar Putra, 2012. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Jakarta: Kencana Prenada Media

Fattah, Nanang, 2013. Analisis Kebijakan Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hayat, Bahrul, et. al. Pendidikan Untuk Transformasi Bangsa, Jakarta: PT. Gramedia

Jamas, Nurhayati, 2016. Pembentukan Karakter Bangsa melalui Pendidikan Agama Islam, dalam Hamdar Arraiyyah dan Jejen Musfah (ed): Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media

Kementerian Aparatur Negara dan RB, 2014. Peraturan Menteri Negara Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 tahun 2016 tentang Pedoman Indeks Kepuasan Masyarakat

Kerlinger, Fred. N, 2003. Foundation of Behavioral Research, diterj. Landung R. Simatupang: Asaz-Asas Penelitian Bahavioral, Yogyakarta: UGM Press.

Langgulung, Hasan, 1980. Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam, Bandung: Al-Maarif.

Marimba, Ahmad D., 1980. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Maarif.

Mastuhu, 2003. Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional, Yogyakarta: Safiria Insania Press

Morissan, 2014. Metode Penelitian Survey, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Muhaimin, 2006. Nuansa Baru Pendidikan Islam: Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Musfah, Jejen, 2015. Manajemen Pendidikan: Teori, Kebijakan dan Praktik, Jakarta: Prenadamedia

Mustari, Muhammad, 2015. Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Al-Nahlawi, Abdurrahman,.1990. Ushul fi Tarbiyat al-Islamiyyat wa Asalibuha diterj. Herry Nur Ali: Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam, Semarang: CV. Diponegoro.

Parsons, Wayne, 2006, Public Policy: An Introduction to The Theory and Practices of Policy Analysis, diterj Tri Wibowo: Public Policy: Pengantar Teori dan Praktik Analisis Kebijakan, Jakarta: Kencana

Prasojo, Eko, 2009. Reformasi Kedua: Melanjutkan Estafet Reformasi, Jakarta: Salemba Humanika

Sallis, Edward, 2015. Total Quality Management In Education, diterj. Ahmad Ali Riyadi: Total Quality Management In Education: Model, Teknik dan Implementasinya, Yogyakarta: IRCiSod

Santoso, Pandji, 2009. Administrasi Publik: Teori dan Aplikasi Good Governance, Bandung: PT Refika Aditama

Seifert, Kelvin, 2012. Educational Psychology, diterj. Yusuf Anas: Pedoman Pembelajaran dan Instruksi Pendidikan, Yogyakarta: IRCiSoD

Sevilla, Consuelo, et.al, 1993, An Introduction to Research Methods, diterj. Alimuddin Tuwu: Pengantar Metode Penelitian, Jakarta: UI Press

Siahaan, Amiruddin, et.al, 2006. Manajemen Pengawas Pendidikan, Jakarta: Quantum Teaching

Sinambela, Lijan Poltak, et. al, 2008. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan dan Implementasi, Jakarta: PT Bumi Aksara

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi, 1989. Metode Penelitian Survey, Jakarta: PT Pustaka LP3ES

Supriyanto, Budi, 2009. Manajemen Pemerintahan, Jakarta: CV Media Brilian

Syukri, Agus Fanar, 2009. Standar Pelayanan Publik Pemda Berdasarkan ISO 9001/IWA-4, Banten: IQRA




DOI: http://dx.doi.org/10.31969/alq.v23i2.419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar

Office

  

address icon red

 Jalan Andi Pangeran Pettarani, District Makassar, No 72, Pos Code: 90222, Gedung Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar, City Sulawesi Selatan, Indonesia  
  jurnalalqalam@kemenag.go.id 
  http://jurnalalqalam.or.id/index.php/Alqalam 
  Phone: +62 81356100100
Fax: +62 411452982
 
 

Indexed by :

        

  

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats