PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN STUDI : KEGIATAN ROHIS DI SMAN KOTA CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v22i1.300Abstract
Pendidikan Agama Islam (PAI) sangatlah berperan penting untuk mengatasi banyaknya perilaku remaja yang menyimpang dari nilai-nilai keislaman. Fakta lapangan menunjukkan bahwa pelaksanaan dari pembelajaran PAI dalam kelas belum efektif, sebagian siswa hanya berfokus pada sisi kognitif dan minim pada pembentukan sikap dan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan berbagai kegiatan keagamaan ROHIS yang berperan dalam meningkatkan peranan PAI untuk membentuk perilaku keagamaan siswa dan menciptakan budaya Islami di sekolah, serta kaitannya dengan peningkatan hasil belajar PAI siswa. Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri Kota Cirebon. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskrifitif naratif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Bentuk peranan ROHIS yaitu dengan membuat program-program kegiatan dan melaksanakan kegiatan keagamaan tersebut, seperti: kegiatan mentoring keagamaan dan pengajian dalam maupun antar sekolah, pengumpulan zakat, penyembelihan hewan qurban, kegiatan kesenian yang Islami (marawis, kaligrafi, nasyid, qasidah, qiro’ah dan mading yang dikelola oleh ROHIS). Pesantren kilat pada bulan ramadhan, mabid pada setiap akhir tahun, peringatan PHBI, dan 10 muharram, dan lain-lain. 2) Secara keseluruhan hasil yang dicapai adalah meningkatnya pengetahuan agama siswa, terciptanya budaya Islami di sekolah dengan kaitannya hasil belajar PAI siswa.References
Depdiknas, Panduan Pengembangan Diri, (Jakarta: Depdiknas ), h. 12
http://makalahpai.blogspot.com/2008/11/program-ekstrakurikuler-pendidikan.html tanggal 1 April 2009 jam 11.30
Depag, Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan¸(Jakarta: Depag).
http://makalahpai.blogspot.com/2008/11/program-ekstrakurikuler-pendidikan.html tanggal 1 April 2009 jam 11.30
Marsudi, Saring. 2003. Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
www.ex-kul-smk6.com.
http/www.wikipedia_blog-spot.com.
Diposkan oleh Arief Yuri W. N. di 16.24 Label: PENDIDIKAN
Arikunto, Suharsimi. 1989. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bulan Bintang
Arikunto, Suharsimi. 1995. Manajemen Penelitian. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Bogdan, Robert C.& Sari KnoppBiklen. 198. Qualitative for Educational An Introduction to Theory and Methods. Boston Allya and Bacon, Inc
Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi peneliti kualitatif. Bandung: Pustaka Setia
Farida, Mutia. 2010. Pembinaan Siswa dan Kegiatan Ekstrakurikuler (Studi Deskriptif Kualitatif di SMA Negeri Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas. Bengkulu: Tesis Prodi Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan PPs Universitas Bengkulu
Lexy. J Moleong. 1990, Nasution, S. 2004. Metode Research (Penelitian Ilmiah., Jakarta: PT Bumi Aksara
Pariyantini, Eka. 2010. Pengelolaan Ekstrakurikuler Kesenian (Studi Perbandingan antara Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 dengan Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kepahiang). Bengkulu: Tesis Prodi Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan PPs Universitas Bengkulu
M. Anis Matta. (2008). Membentuk Karakter Cara Islam. http://pustakahanan.googlepages.com/RingkasanMembentukKarakterCaraIslam-.pdf. Jumat, 30 Oktober 2008, Pkl: 11.03 WIBB.
Stefan Sikone. (2008). Pembentukan Karakter Dalam Sekolah
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).












