REALITAS PEMBELAJARAN KONTEN KEISLAMAN DAN KEINDONESIAAN DI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH BALIKPAPAN
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v26i1.817Keywords:
Pembelajaran Keislaman, dan KeindonesiaanAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengkaji bagaimana realitas pembelajaran konten keislaman dan konten keindonesiaan di Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif sehingga peneliti mencari makna, pemahaman, fenomena, kejadian, maupun keadaan yang berkaitan dengan pembelajaran konten keislaman dan keindonesiaan di Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan. Sumber data yaitu data primer melalui wawancara dan data sekunder melalui dokumen. Adapun instrumen penelitian adalah peneliti sendiri sebagai instrumen kunci dan pedoman wawancara. Sedangkan teknik analiasis data dengan menggunakan reduksi data, displai data, kemudian dilakukan verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Pembelajaran keislaman di Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan secara garis besar terdiri atas tauhid, ibadah, dan akhlak. (1) Pembelajaran tauhid yaitu pembelajaran untuk mentauhidkan Allah dengan cara semua materi pelajaran dilandasi dengan nilai-nilai tauhid. (2) Ibadah, yaitu pembelajaran diniyah, Baca al-Qur’an, Tahfiz, Tahsin, Salat lail, Ta’lim, Halaqah al-Qur’an. (3) Akhlak, yaitu melatih kemandirian, hidup sederhana, memiliki kepribadian akhlak al-karimah, sikap menghormati, menjaga hubungan baik dengan teman sesama santri, menghormati warga pondok. Kedua, Pembelajaran Keindonesiaan, yaitu PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPS dan adanya Sosialisasi Empat Pilar yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika. Pembentukan Satuan Komunitas (SAKO) Pramuka Hidayatullah, dan bela diri.
References
Damanhuri, D. (2016). Islam, Keindonesiaan, Dan Kemanusiaan (Telaah Pemikiran Ahmad Syafii Maarif). Al-Banjari : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 14(1). https://doi.org/10.18592/al-banjari.v14i1.644
Hadits, D. A. N. (2018). Ù Ù„ ÙŽÙ‘ ا ص Ù Ùˆ Ù… Ù Ù± Ù Ù± Ù Ù± Ù. 4.
Helmy Faishal Zaini, A. (2018). Nasionalisme Kaum Sarungan (R. B. E. A. Nugroho (ed.)). kompas Media Nusantara. buku@kompas.com
Islam, J. P. (2018). Jurnal Pemikiran Islam Vol. 4 No. 2 Desember 2018. 4(2), 1–18.
Oemar Hamalik. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran (13 ed.). Bumi Aksara.
Pesantren, P., Kalijaga, S., & Muria, S. (2016). Kontribusi pondok pesantren terhadap nkri. 3(1), 21–43.
Rahmanto, M. (2018). Hamka dan Tafsir Harmonisasi Keislaman dan Keindonesiaan. Afkaruna, 14(1), 133–145. https://doi.org/10.18196/aiijis.2018.0084.133-145
Salbu, M. (2012). Mencetak Kader: Perjalanan Hidup Ustadz Abdullah Said Pendiri Hidayatullah (P. Utomo (ed.); II). Lentera Optima Pustaka. publishing@hidayatullah.com
Tafsir, A. (2013). Ilmu Pendidikan Islam (E. Kuswandi (ed.); II). Remaja Rosdakarya. rosdakarya@rosda.co..id
Tang S, M. (2017). Transformasi Konsep Pendidikan Tauhid K.H. Abdullah Said. (Muslimah (ed.); pertama). Aswaja Pressindo. aswajapressindo@gmail.com
Toharudin, T. (2018). Nilai-Nilai Keislaman dan Keindonesiaan dalam Membentuk Karakteristik Peradaban Melayu di Indonesia (Studi Pemikiran Munawir Sjadzali). Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 7(1), 41–58. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v7i1.2340
Utami, P. S., & Cahyono, H. (2019). JPE ( Jurnal Pendidikan Edutama ) Vol . 6 No . 1 Januari 2019. 6(1), 87–98.
wahidin, unang; Ahmad, S. (2018). Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol . 07 / No . 1 , Teori-Teori Pendidikan … Teori-Teori Pendidikan …. Jurnal Pendidikan Islam, 07(1), 47–66. https://doi.org/10.30868/EI.V7
Zidni, E. S. Z. (2018). Kemitraan Keluarga dalam Menangkal Radikalisme. Jurnal Online Studi Al-Qur’an, 14(1), 32–43. https://doi.org/10.21009/jsq.014.1.03
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).












