PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA YPK.KM SMA KATOLIK ST. THOMAS AQUINO MANADO

Authors

  • Abd. Rahman Arsyad Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31969/alq.v21i1.200

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pelaksanaan dan inovasi pembelajaran pendidikan agama
serta factor pendukung dan penghambat pembelajaran pendidikan agama pada YPK.KM SMA Katolik
St. Thomas Aquino Manado dengan menggunakan metode Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penerapan pembelajaran pendidikan agama dan pendidikan keagamaan diimplementasikan
secara integrasi yang dilaksanakan pada dua tempat yaitu: sekolah (kelas) dan gereja. Dimana,
sebelum dan sesudah pembelajaran dilakukan ibadah (misa bersama), berdoa dengan menggunakan
dua bahasa Indonesia dan inggris. Sedangkan kurikulum diatur lewat KWI, silabus yang digunakan
mengacu/berpedoman pada Diknas dan Kemenag serta yayasan yang di kombainkan kedalam RPP.
Sumber reverensi adalah Kementerian Agama dan KWI, sehingga peserta didik yang beragama lain
menerima materi hanya sebatas ranah kognitif dengan penilaian secara pluralitas. Faktor pendukung;
merupakan sekolah unggulan, latar belakang pendidik adalah rata-rata sarjana, pihak sekolah dan
yayasan membangun komunikasi dan koordinasi secara berkesinambungan dalam mewujudkan
kerukunan dan keharmonisan sesama warga sekolah, sedangkan Faktor penghambat; terbatasnya guru
agama, keterbatasan dalam berimvrofisasi, dan proses pembelajaran mengacu pada visi misi dan tujuan
organisasi sekolah, serta orang tua dan masyarakat menyepakati aturan pihak sekolah dan yayasan.

Additional Files

Published

2016-01-09

Issue

Section

Articles