PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA YPK.KM SMA KATOLIK ST. THOMAS AQUINO MANADO
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v21i1.200Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pelaksanaan dan inovasi pembelajaran pendidikan agama
serta factor pendukung dan penghambat pembelajaran pendidikan agama pada YPK.KM SMA Katolik
St. Thomas Aquino Manado dengan menggunakan metode Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penerapan pembelajaran pendidikan agama dan pendidikan keagamaan diimplementasikan
secara integrasi yang dilaksanakan pada dua tempat yaitu: sekolah (kelas) dan gereja. Dimana,
sebelum dan sesudah pembelajaran dilakukan ibadah (misa bersama), berdoa dengan menggunakan
dua bahasa Indonesia dan inggris. Sedangkan kurikulum diatur lewat KWI, silabus yang digunakan
mengacu/berpedoman pada Diknas dan Kemenag serta yayasan yang di kombainkan kedalam RPP.
Sumber reverensi adalah Kementerian Agama dan KWI, sehingga peserta didik yang beragama lain
menerima materi hanya sebatas ranah kognitif dengan penilaian secara pluralitas. Faktor pendukung;
merupakan sekolah unggulan, latar belakang pendidik adalah rata-rata sarjana, pihak sekolah dan
yayasan membangun komunikasi dan koordinasi secara berkesinambungan dalam mewujudkan
kerukunan dan keharmonisan sesama warga sekolah, sedangkan Faktor penghambat; terbatasnya guru
agama, keterbatasan dalam berimvrofisasi, dan proses pembelajaran mengacu pada visi misi dan tujuan
organisasi sekolah, serta orang tua dan masyarakat menyepakati aturan pihak sekolah dan yayasan.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).