DAMPAK SERTIFIKASI GURU TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN PADA MADRASAH ALIYAH DI KOTA KENDARI

Authors

  • Asnandar Abubakar Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31969/alq.v21i1.204

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak sertifikasi guru terhadap kualitas pendidikan pada
madrasah aliyah yang ada di Kota Kendari. Dengan tersertifikasinya guru diharapkan kompetensi
yang dimiliki juga dapat meningkat dalam memenuhi tugasnya memberikan kualitas pengajaran
yang baik. Peningkatan kompetensi guru baik kompetensi pedagogik, kompetensi professional,
kompetensi kepribadian maupun kompetensi sosial diharapkan juga berdampak pada peningkatan
kualitas madrasah aliyah. Penilaian dampak sertifikasi guru terhadap peningkatan kualitas madrasah
dilihat dari aspek perencanaan program madrasah, pelaksanaan rencana kerja madrasah, peningkatan
proses pembelajaran, peningkatan kompetensi sesama guru, dan pemanfaatan tunjangan sertifikasi.
Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif yang bersifat survey yaitu mengumpulkan data dengan
menggunakan angket yang berisikan kuisioner sebagai instrumen utama. Data ini kemudian dianalisis
secara deskriptif yang telah dikategorikan dalam skala linkert untuk mengetahui sejauhmana keterlibatan
guru yang telah tersertifikasi pada proses peningkatan kualitas madrasah aliyah.

Additional Files

Published

2016-01-09

Issue

Section

Articles