DAMPAK SERTIFIKASI GURU TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN PADA MADRASAH ALIYAH DI KOTA KENDARI
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v21i1.204Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak sertifikasi guru terhadap kualitas pendidikan pada
madrasah aliyah yang ada di Kota Kendari. Dengan tersertifikasinya guru diharapkan kompetensi
yang dimiliki juga dapat meningkat dalam memenuhi tugasnya memberikan kualitas pengajaran
yang baik. Peningkatan kompetensi guru baik kompetensi pedagogik, kompetensi professional,
kompetensi kepribadian maupun kompetensi sosial diharapkan juga berdampak pada peningkatan
kualitas madrasah aliyah. Penilaian dampak sertifikasi guru terhadap peningkatan kualitas madrasah
dilihat dari aspek perencanaan program madrasah, pelaksanaan rencana kerja madrasah, peningkatan
proses pembelajaran, peningkatan kompetensi sesama guru, dan pemanfaatan tunjangan sertifikasi.
Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif yang bersifat survey yaitu mengumpulkan data dengan
menggunakan angket yang berisikan kuisioner sebagai instrumen utama. Data ini kemudian dianalisis
secara deskriptif yang telah dikategorikan dalam skala linkert untuk mengetahui sejauhmana keterlibatan
guru yang telah tersertifikasi pada proses peningkatan kualitas madrasah aliyah.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).