DAMPAK SERTIFIKASI GURU TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN PADA MADRASAH ALIYAH DI KOTA PALU
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v22i1.276Abstract
Profesionalitas guru dibuktikan dengan sertifikat pendidik. Dalam rangka meningkatkan profesionalitas guru MA, Kementerian Agama RI telah menyertifikasi guru madrasah  sesuai Daftar Urut Prioritas (Long List) Calon Peserta Sertifikasi Bagi Guru RA/Madrasah Dalam Jabatan Untuk Mata Pelajaran Keagamaan. Namun penyelenggaraan sertifikasi guru yang dilakukan sejak tahun 2007 tersebut membutuhkan evaluasi untuk mengetahui tingkat ketercapaian program, khususnya dampaknya terhadap peningkatan kualitas pendidikan di madrasah. Oleh karena itu, evaluasi tentang sumbangsi guru sertifikasi terhadap peningkatan kualitas pendidikan di madrasah, sebagai dampak penyelenggaraan sertifikasi guru madrasah urgen dilakukan. Hasil penelitian diharapkan memberikan input akurat kepada pemerintah tentang keberhasilan sertifikasi guru di madrasah Informasi akurat ini, nantinya dapat dijadikan bahan pertimbangan teknis dalam melanjutkan kegiatan sertifikasi guru.
Penelitian evaluatif terhadap kebijakan sertifikasi guru madrasah dilakukan dengan metode survey menggunakan teknik analisis deskriptif statistik. Sampel ditarik secara multi stage sampling: proporsif sampling (propinsi dan kabupaten/kota), purposive sampling (kota/desa dan madrasah), random sampling (guru sertifikasi sebagai unit analisis). Besaran sampel ditentukan dengan menggunakan perhitungan Formula Nomogram Herry King pada signifikansi 5% Untuk mengantisipasi sampling error maka jumlah sample ditambah 30 %.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat dampak sertifikasi guru terhadap peningkatan kualitas pendidikan di MA di Sulawesi Tengah terkategori “tinggiâ€. Meskipun demikian tingkat keterlibatan atau sumbangsi responden terhadap peningkatan yang dimaksud masih variatif yaitu “sangat rendah†sampai “sangat tinggiâ€. Hal ini dapat dicermati pada aspek dan indikator dampak, yaitu dampaknya terhadap peningkatan kualitas perencanaan terkategori “sangat tinggiâ€, kualitas pelaksanaan program “tinggiâ€, kualitas proses pembelajaran “sangat tinggiâ€, dan kompetensi sesama guru “sangat tinggiâ€. Guru sertifikasi masih dominan memanfaatkan tunjangan sertifikasinya pada pemenuhan kebutuhan dasarnya (kepentingan pribadi dan keluarga) dibanding pada peningkatan kualitas profesi, sehingga terkategori “sangat rendahâ€. Penelitian juga menemukan keragaman tingkat dampak sertifikasi guru pada peningkatan kualitas pendidikan madrasah berdasarkan perbedaan usia saat disertifikasi, lama mengajar, jalur sertifikasi, penyelenggara sertifikasi, status madrasah, dan status keguruan dan kepangkatan.
Â
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).












