EFEKTIVITAS PENYELENGGARAAN DIKLAT TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH DI BALAI DIKLAT KEAGAMAAN KOTA AMBON PROVINSI MALUKU
DOI:
https://doi.org/10.31969/alq.v24i2.535Keywords:
pendidikan dan pelatihan, kinerja guru, madrasahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penyelenggaraan diklat di Balai Diklat Keagamaan (BDK) Ambon terhadap performa atau kinerja guru mata pelajaran di madrasah.Kinerja guru yang merupakan hasil kerja yang dicapai oleh guru madrasah dalam melaksanakan tugasnya.Hal ini mengacu pada Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen yang mensyaratkan guru memiliki kompentensi: pedagogik, kepribadian, professional, dan kompentensi sosial. Penelitian ini memadukan pendekatan kuantitatif dan kualitatif.Penyelenggaraan diklat dipotret melalui responden guru, terkait metode diklat, materidiklat, dan kompetensi widyaiswara sebagai tenaga pengajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan diklat di BDK Ambonmempunyai andil besar turut mendongkrak kompetensi dan kinerja guru madrasah.Tiga aspek yang menjadi penilaian responden, yaitu materi yang diajarkan selaras dengan kebutuhan riil guru di madrasah dengan kategori baik (4,08), metode yang digunakan dalam pembelajaran terkategori baik (4.14), serta widyaiswara yang akan mengampuh materi diklat sesuai dengan kompetensi dan spesialisasinya dengan kategori baik (3.95).Meskipun tidak dipungkiri sumbangsi diklat tersebut masih membutuhkan tindakan afirmatif, diantaranya optimalisasi pemanfaatan analisis kebutuhan diklat, sehingga proses penyelenggaraan diklat tepat sasaran.
References
BPS, 2017.Kota Ambon Dalam Angka 2017.
Creswell, John W. 2010, Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approach, diterj. Achmad Fawaid: Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Darmani. 2014. “Peningkatan Kompetensi Peserta Diklat melalui Diklat Mata Pelajaran di Balai Diklat Keagamaan Surabaya Tahun 2011”. Dalam Jurnal Inovasi Vol.8 No. 3.
Daymon, Christine, et.al. 2008. Qualitative Research Methods in Public Relations and Marketing Communication, diterj. Cahya Wiratama: Metode-Metode Riset Kualitatif dalam Public Relation, Yogyakarta: Bentang Pustaka
Kantor Kementerian Agama Kota Ambon. 2016. “Data Penduduk Menurut Agama dan Data Emis Kemenag Kota Ambon”.
Kusumastuti, Penny, 2014. Membumikan Transparansi dan Akuntabilitas Kinerja Sektor Publik: Tantangan Berdemokrasi Ke depan, Jakarta: PT Grasindo.
Merriam, Sharran, B. et. al, 2016. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementations, San Francisco: Jowsey Bass
Moeheriono, 2012.Perencanaan, Aplikasi, dan Pengembangan Indikator Kinerja Utama Bisnis dan Publik, Jakarta: Rajawali Pers.
Morissan, 2014.Metode Penelitian Survey, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000, tentang Pendidikan dan Pelatihan jabatan Pegawai Negeri Sipil.
Peraturan Menteri Agama Nomor 43 tahun 2016 tentang Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dan Pelatihan pada Kementerian Agama,
Permendiknas Nomor 16 tahun 2006 tentang Kualifikasi Akademik Guru
Puspayanti, Amalia, 2016.”Studi Evaluatif Penyelenggaraan Diklat Teknis pada Balai Diklat Keagamaan Denpasar Tahun 2015”, Profesi, Edisi 1, Tahun 11.
Rais. 2018. “DO Penelitian Pengaruh Diklat Terhadap Kinerja Guru Madrasah di KTI”. Balai Litbang Agama Makassar.
Sukemi.dalamTempo. Tanggal 25/03/2013.
Sevilla, Consuelo, et.al, 1993. An Introduction to Research Methods, diterj. Alimuddin Tuwu: Pengantar Metode Penelitian, Jakarta: UI-Press.
Tashakkori, Abbas dan Charles Teddie, 2010, Mixed Methodology: Combining Qualitative, and Quantitative Approaches, diterj. Budi Puspa Pribadi: Mixed Methodology: Mengombinasikan Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Tim PGRI, 2014. Pendidikan untuk Transformasi Bangsa: Arah Baru Pendidikan untuk Perubahan Mental Bangsa, Jakarta: PT Kompas
Trijono, 2001. Keluar dari Kemelut Maluku “Refleksi Pengalaman Praktis Bekerja untuk perdamaian di Maluku”.Yogyaarta: Pustaka Pelajar.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
WR. Van Hoevell, 2017. Sejarah Kepulauan Maluku “Kisah Kedatangan Orang Eropa Hingga Monopoli Perdagangan Rempah”. Yogyakarta: Ombak
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).