PASANG RI KAJANG (SUATU KAJIAN DARI SUDUT FENOMENOLOGI AGAM)

Authors

  • Samiang Katu

DOI:

https://doi.org/10.31969/alq.v5i1.638

Abstract

Kata Pasang secara lcttcrlik bcrarti
pcsan lisan yang wajib dituruti, dipenuhi
dan dilaksanakan; akan mcnimbulkan halhal
atau akibat yang tidak diinginkan jika
tidak dilaksanakan. Pasang mcngandung
arti : pcsan, amanah, i'atwa, nasehat, tuntunan,
peringatan. Alas dasar inilah maka
kclompok pcndukung masyarakat Amma
Towa berpegang teguh pada Pasang. Secara
singkat dapat dikatakan Pasang ri
Kajang mcrupakan scluaih pengctahuan
dan pengalaman lentang scgala aspek dan
liku-liku kchidupan yang dipesankan secara
lisan olch nenek moyang dari generasi
kc generasi. "Dalam pengcrtian ini", lulis
KMA. M. Usop "tersirat bahwa pasang itu
bersifat dinamis bukan statis walaupun
kesan statis nampak pada bebcrapa pesan

References

Masyarakat Amma Toa dan Pelaksanaan

Ajaran Islam". Pusat Pcnelitian

danPcngabdian Masyarakat IAIN

Alauddin, Ujungpandang, 1988.

Herman L. Beck. Ilmu Pcrbandingan

Agama dan Fcnomcnologi Agama,

Makalah seminar Internasional

Indonesia - Bclanda tentang

Ilmu Pcrbandingan Agama,

IAIN Sunan Kalijaga, Jogyakarta,

Joachim Wach. The Comparative Study of

Religion, New York & London,

Columbia University Pcrs, 1950.

KMA, M. Usop Pasang Ri Kajang, Kajian

Sistem Nilai di Bcntcng hitam

Amma Towa, Laporan Hasil

Pcnelitian Ilmu-Ilmu Sosial Univcrsitas

Hasanuddin, Ujung

Pandang, 1978.

Rachmat Subagya Agama Asli Indonesia,

Sinar Harapan, Jakarta, t.th.

Samiang Katu Islamisasi dan Kristcnisasi

di Kabupaten Dati II Soppcng -

Jencponto, Skripsi Fakultas

Ushuluddin IAIN, Ujungpandang,

Additional Files

Published

2018-11-11

Issue

Section

Articles